Selamat Datang Sahabat Yulianistic .:: Yulianistic, Blog pribadi milik seorang pemuda bernama Yulian Fanny Putra Pratama. Blog yang akan selalu berbagi tentang segala sesuatu untuk para sahabat setia Yulianistic ::. Have Fun ^_^ Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih Sudah Berkunjung

25 Nasihat Syekh Luqman - Hakim Untuk ANAKKU


SIAPA SYEKH LUQMAN - HAKIM ?
Syekh Lukman - Hakim adalah seorang hakim yang berumur panjang (1000th). Hidup sejak sesudah Nabi Ibrahim a.s hingga jaman Nabi Daud a.s. Lahir di Sudan, berkulit hitam, bermata tajam. Dengan 1000 th umurnya, beliau dapat memutuskan 12000 lebih perkara. Bagi Syekh Ikrima dan Syekh Sya'bi, Luqman adalah Nabi. Namanya menjadi nama salah satu surat Al-Quran karena kejujuran dan kebijakannya beliau dikenal dengan LUQMAN "AL - HAKIM"
- Ustadz Humaidi (Tafsir Sitowi) - 
Berikut ini adalah beberapa nasehat Luqman kepada anakannya :
  1. Hey anakku, bertaqwalah kepada Allah karena dengan taqwa kepada Allah bagaikan dagangan tanpa modal yang tidak akan pernah rugi bahkan akan mendapatkan keuntungan lebih besar (surga).
  2. Hey anakku, utamakanlah menghadiri jenazah daripada menghadiri walimatul urusy (pesta nikah) karena jika menghadiri jenazah akan mengingatkan kita keada akhirat sedangkan jika kita menghadiri walimatul urusy akan mengingatka kita kepada dunia dan melupakan akhirat.
  3. Hey anakku, janganlah engkau malas atau lemah bila ada panggila ketika sebelum subuh (sahur) disaat engkau tidur diatas ranjang.
  4. Hey anakku, jangan engkau mengakhirkan taubat karena kematian akan datang secara tiba - tiba dan kita tak tahu kapan datangnya
  5. Hey anakku, jangan engkau senang berada di lembah kebodohan (tidak mencintai ilmu) dan engkau rela melakukan itu.
  6. Hey anakku, takutlah kepada Allah jangan engkau tampakkan kepada manusia (riya') dan waspadalah orang akan memulyaanmu karena hatimu masih penuh dengan dosa.
  7. Hey anakku, janganlah diammu menjadi penyesalan bagimu karena bicara adalah perak dan diam adalah emas
  8. Hey anakku, hindarilah kejahatan sehingga kejahatan akan meninggalkanmu karena kejahatan untuk kejahatan.
  9. Hey anakku, hendaklah kamu senang duduk bersama ulama dan kau akan mendengar nasihatnya maka sesungguhnya Allah menghidupkan hati yang mati dengan nasihat itu seperti Allah menghidupkan bumi yang mati karena tersiram hujam.
  10. Hey anakku, jangan engkau mengutus (menyuruh) orang bodoh jika tidak ada lebih baik kamu sendiri.
  11. Hey anakku, jangan kau nikahi perempuan yang selain golonganmu maka kelak akan mewariskan kepdaa anakmu kesusahan yang berkepanjangan.
  12. Hey anakku, akan datang jaman manusia yang tidak mempunyai hati yang lemah lembut.
  13. Hey anakku, pilihlah majelis atas pandanganmu ketika kau melihat majelis itu selalu berdzikir kepada Allah maka duduklah bersama mereka, maka jika engkau berilmu akan berguna imumu dan jika engkau tidak tau maka engkau jadi tau jika Allah menurunkan pada mereka rahmat maka engkau mendapatkan rahmat bersama mereka.
  14. Hey anakku, jangan kau duduk di majelis yang di dalamnya tidak berdzikir kepada Allah maka jika engkau pandai tidak akan manfaat kepandaianmu dan jika engkau bodoh maka engkau akan semakin bodoh dan Allah menurunkan bala' nya maka bala' tersebut akan mengenaimu juga mereka.
  15. Hey anakku, janga engkau memakan makananmu kecuali yang halal dan musyawarahkanlah urusanmu pada ulama'
  16. Hey anakku, dunia itu ibarat lautan yang tak bertepi telah banyak manusia yang tenggelam maka jadikanlah peraharamu diatasnya untuk bertaqwa kepada Allah dan gayuh adalah iman dan peraturannya adalah bertawakal kepada Allah agar engkau selamat.
  17. Hey anakku, aku membawa karungnya berisi besi maka tidak ada yang lebih berat dari tetangga jahat.
  18. Hey anakku, sesungguhnya hikmah itu adalah engkau duduk bersama orang miskin seperti engkau duduk bersama para raja.
  19. Hey anakku, jangan kau belajar apa yang tidak engkau ketahui, sehingga engkau mengamalkan apa yang engkau ketahui.
  20. Hey anakku, apabila engkau berteman yang pemarah maka hindarilah dan waspadalah dan sadarkan dia.
  21. Hey anakku, ketika engkau diturunkan kedunia dan menghadapi dinia akhirat, dan rumahmu iutu adalah sebagai kendaraanmu yangmendekatkan dirimu pada rumah akhirat untuk bandara.
  22. Hey anakku, perbanyaklah lisanmu untuk membaca "Allahummaghfirlii" maka sesungguhnya Alah memberimu waktu yang tidak akan menolaknya.
  23. Hey anakku, hati - hatilah akan berhutang, maka sesunggguhnya hutang adalah kehinaan di waktu siang dan kesusahan di waktu malam.
  24. Hey anakku, berharaplah kedapa Allah benar - benar berharap dan jangan engkau teruskan aatu selalu berbuat maksiat berat benar takutlah kepadaNya dengan benar - benar takut jaganlah kau putus asa dengan rahmatnya.
  25. Hey anakku, hati - hatilah kamu dengan "mengurung diri" sesungguhnya itu merupakan ketakutan di malam hari dan kegelapan jiwa di siang hari.

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi sahabat Yulianistic semua. VIEWER BIJAK JANGAN LUPA TINGGAKAN JEJAK. Jika bukan support dari kalian, siap lagi? So, terima kasih atas kunjungannya
1 Komentar untuk " 25 Nasihat Syekh Luqman - Hakim Untuk ANAKKU "

semua nasehatnya benar2 menginspirasi untuk kehidupan manusia

.:: BLOGGER Bijak Selalu Meninggalkan Jejak ::.

PERHATIAN!!!
Komentar tidak boleh mengandung unsur - unsur :
1. Penghinaan, pelecehan dan sejenisnya
2. SARA
3. Spaming (Spam Coment)
4. Link Aktif, text anchor dan sejenisnya

Diharapkan coment relevan sesuai dengan judul postingan dan tentunya dengan menggunakan bahasa yg baik dan sopan

Terimakasih
-Yulianistic's Off

Back To Top