Selamat Datang Sahabat Yulianistic .:: Yulianistic, Blog pribadi milik seorang pemuda bernama Yulian Fanny Putra Pratama. Blog yang akan selalu berbagi tentang segala sesuatu untuk para sahabat setia Yulianistic ::. Have Fun ^_^ Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih Sudah Berkunjung

Apa sih itu CBT? dan Info - Info Sistem Terbaru UN 2015

UN-CBT 2015
Selamat malam sahabat - sahabat Yulianistic... Maaf sebelumnya, kenapa admin bilang selamat malam karena ini admin Posting saat dini hari hihihi, ya biasa lah kuota  siang sudah habis. Jadi terpaksa harus rela bangun tengah malam buat tetap update.

Udah - udah basa basi nya nanti malah kebablsan kan... Ok, sebelum kita lebih jauh membahas tentang "Apa sih itu CBT?" Admin mau tanya dulu dong buat yg kelas 3 SMA sudah siapkah kalian menghadapinya?? Siap - gak siap harus siap dong ya, cicil belajar mulai dari sekarang mumpung masih ada waktu loh. Gak mau kan menyesal nanti nya??

Biar adil juga admin tanya juga deh buat yg sudah purna dari SMA, menurut kalian bagaimana kualitas Pendidikan kita dengan adanya sistem terbbaru ini? dan apa perbedaan nya dengan sistem saat UN pada tahun kalian?? Ada kemajuan atau malah kemunduran?? Ok... silakan jawab pertanyaaan itu di coment aja yah



Pengertian CBT
Apa sih itu CBT??
Memang masih asing ditelinga kita, tapi admin yakin sudah ada llah beberapa yg tahu tentang CBT.

CBT singkatan dari Computer Based Test atau secara gampangnya adalah Ujian Nasional berbasis Komputer. Ujian nasional menggunakan Sistem Computer based Test (CBT) ini secara "bertahap" telah dimulai pada tahun 2015. Pelaksanaan UN-CBT yang dirasa akan dilanjutkan untuk tahun - tahun berikutnya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0pAsFxUugeaQ7VeUTwOMDDE5IMgupb4lggOm2GXN7WqAaRDSa_zqzVwB8lTViEa2O0Wj4T-7CysJZm4KNYZbSIgcvv1Hpi0YlRxDqB8_h9flHXtj-wuy2QqKhas84Gc1JX5KCE9nVrkGy/s1600/Ujian+Online+SMA+CBT+17+April+2015.png

Tes Terkomputerisasi atau Computerized Based Test (CBT) adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Tentunya tujuan utama dari sistem baru trobosan Kementrian Pendidikan dan Budaya ini tidak lepas untuk mendapatkan hasil tes yang valid, dan dapat dipertanggungjawabkan.

UN akan dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, untuk jenjang SMP/Mts, SMA/MA dan SMK. Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran yang sama dengan ujian menggunakan Paper Based Test (PBT). Jadi setiap peserta akan mengerjakan seluruh mata pelajaran secara terkomputerisasi (CBT) dengan waktu yang sudah ditentukan

Jadwal UN-CBT2015 di Undur
Jadwal ujian nasional berbasis komputer tingkat SMA tahun 2015 mundur dari tanggal 7 April menjadi tanggal 13 April 2015. Penundaan pelaksanaan UN SMA Online 2015 ini berdasarkan pada keputusan Kemenbud Dikdasmen. Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI merevisi jadwal Ujian Nasional (UN) online untuk SMA, dinilai banyak kalangan akan berpengaruh pada psikologis belajar siswa. Tetapi admin harap buat sahabat Yulianistic tidak terpengaruh dengan adanya info tersebut yah, TETAP BELAJAR!!!

Berita tentang mundurnya jadwal UN ini semakin diperkuat dengan pernyataan Nizam Zaman selaku Kepala Pusat Penilaian dan Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud mengatakan bahwa pelaksanaan UN SMA berbasis kertas (paper based-test/ PBT) dan UN CBT dan PBT untuk SMK dan sederajat dilaksanakan secara bersamaan. “Sedikit perubahan jadwal saja, UN CBT akan tetap memakan waktu lebih lama dibanding PBT. Yakni, selama satu pekan. Dengan demikian diperkirakan rampung pada tanggal 21 April 2015. Jadinya tambah Senin 20 April dan Selasa 21 April. Karena kan satu hari satu mata pelajaran, jelasnya.”.

Perubahan jadwal pelaksanaan ini pun, kata dia, tidak akan berpengaruh pada jadwal mata pelajaran yang akan diujikan. Dia mengatakan, jadwal masih akan sama dengan jadwal sebelumnya.
Perubahan jadwal ini diduga terjadi karena ketidaksiapan sistem untuk CBT. Selain itu, kesiapan dari pihak sekolah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang masih belum pasti. 

Pengumuman Kelulusan Hasil Ujian Nasional SMA Tahun 2015
Di tahun 2015 pemerintah merencanakan pelaksanaan ujian nasional SMA 2015 memakai sistem komputer Computer Based Test (CBT). Pelaksanaan ujian nasional (UN) computer based test (CBT) bukan berarti pengerjaan soal UN dilakukan secara online.
Melainkan dengan memanfaatkan komputer yang tersedia di masing-masing sekolah. uji coba CBT baru akan dilaksanakan pada siswa bangku SMA yaitu sebanyak 458 sekolah perintis pada tahun ini. Asalkan, kata Anies Baswedan, sekolah sudah menyatakan siap.

Daftar nama-nama lulus UN SMA/MA/SMK tahun 2015 akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah nantinya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pemerintah dan Kementrian Pendidikan Nasional.
Pengumuman Kelulusan UN SMA 2015

Dan tanggal daftar pengumuman kelulusan siswa-siswi SMA sederajat di tahun 2015 akan diumumkan pemerintah pada tanggal 18 Mei 2015.

Suara Jokowi Tetang UN-CBT2015
http://assets.kompas.com/data/photo/2015/04/14/0920540jokohok-UN780x390.jpg

UN 2015 ini akan ditinjau langsung oleh bapak Presiden kita, Bpk Joko Widodo. Belia sangat mendukung pelaksaan UN berbasis kompter. Beliau mengatakan bahwa Ujian nasional berbasis komputer ini lebih irit (negara dapat menghemat hingga 30%) dan efisien dibanding dengan test kertas atau PBT seperti yg telah dijelaskan diatas

Nantinya pemerintah akan berupaya untu Pengadaan Komputer yg diharapkan fasilitas - fasilitas itu tidak hanya di gunakan saat Ujian nasional tetapii juga dipakai untuk hal - hal lain yg berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar disekolah
Presiden Jokowi sempat pula mengingatkan bahwa "kejujuran jauh lebih penting daripada nilai ujian. Maka dari itu nilai ujian mulai UN 2015 ini bukanlah faktor penentu kelulusan."

Antisipasi CBT Bermasalah
http://www.tara-west.com/wp-content/themes/natural/lib/timthumb.php?src=http://www.tara-west.com/wp-content/uploads/problem-solve.jpg&w=770&h=312&zc=1
UN 2015 sudah tidak lama lagi, ini sudah menjadi momok menakutkan bagi siswa siswi bangsa kita terutama untuk yg duduk di kelas 6 SD, 3 SMP/Mts dan kelas 3 SMA/MA/SMK. Persiapan - persiapan untuk menyambut "pesta" Kementrian Pendidika dan Kebudayaan RI ini tentunya sudah dari jauh - jauh hari, terutama pada sistem CBT ini

Tetapi itu tidak menutup kemungkinan akan terjadi suatu masalah. Tetapi tenang... buat para sahabat Yulianistic yg akan melaksanakan UN tahun ini gak perlu takut. Karena Pemerintah telah menyediakan soal cadangan bagi peserta Ujian Nasional (UN) Computer Based Test (CBT) 2015. Soal cadangan itu berupa soal cetak yang hanya boleh digunakan saat pelaksanaan UN CBT mengalami kondisi darurat.

Maka jika terjadi masalah yg mengakibatkan jalannya UN-CBT 2015 itu terganggu entah itu karena gangguan sistem, sistem operasi komputer yg kurang baik, pemadaman listrik, atau masalah - masalah yg lain para siswa diperbolehkan untuk mengerjakan menggunakan soal cadangan yang bentuknya cetak atau PBT.

Sekian dulu dari admin, semoga dapat membantu sahabat Yulianistic untuk menghadapi UN 2015. Semoga tidak ada kendala yg berarti pada UN 2015 ini ya, dan semoga kalian semua diberikan yg terbaik. Untuk lebih mengasah mental dan kemampuan berikut beberapa link buat uji cobanya :

Sumber :

5 Komentar untuk " Apa sih itu CBT? dan Info - Info Sistem Terbaru UN 2015 "

iya gan... bangga rasanya ahaha

Wah s moga UN tqhun ini lancar lancar aja deh.. Do'a in gua ya min

iya semoga kita UN nya lancar...
adminjuga tahun ini UN ahaha

good article sir,you very helpfull my sister thanks before

.:: BLOGGER Bijak Selalu Meninggalkan Jejak ::.

PERHATIAN!!!
Komentar tidak boleh mengandung unsur - unsur :
1. Penghinaan, pelecehan dan sejenisnya
2. SARA
3. Spaming (Spam Coment)
4. Link Aktif, text anchor dan sejenisnya

Diharapkan coment relevan sesuai dengan judul postingan dan tentunya dengan menggunakan bahasa yg baik dan sopan

Terimakasih
-Yulianistic's Off

Back To Top